Search here and hit enter....

Resep Steak Daging Sapi Empuk Enak

Menu makanan steak daging atau di Indonesia juga dikenal sebagai bistik merupakan jenis menu yang tergolong mewah dan biasanya disediakan di restoran-restoran. Makanan asal Eropa ini bercitarasa gurih, manis dan menggugah selera makan. Steak daging ini pun bisa dijadikan alternatif lain bagi anda yang bosan dengan olahan daging sapi sebagai menu masakan Indonesia saja seperti abon sapi, rendang, atau yang lainnya.

Bila tertarik menghadirkan steak daging sapi sebagai menu makanan anda esok hari, tak harus pergi ke restoran mahal. Anda kini bisa membuatnya sendiri di rumah, jangan khawatir bila anda tak ahli memasak pasalnya mulai dari bahan sampai proses pembuatan resep steak daging di bawah ini terbilang sederhana.

Bahan :
- 500 gram daging sapi has dalam utuh, pukul-pukul untuk melunakkan dan tusuk dengan garpu supaya bumbu mudah meresap
- 2 sendok makan minyak sayur
- 2 sendok makan susu full cream bubuk, larutkan dengan 150 ml air
- 750 ml air putih
- 4 sendok makan kecap kental manis
- Garam secukupnya saja.

Bumbu :
5 siung bawang putih, ½ cm biji pala, dan setengah sendok teh merica bubuk dihaluskan bersama.
Sayuran Pelengkap :
- 1 buah wortel, kupas dan potong dadu
- 3 sendok makan kacang polong
- 3 sendok makan jagung manis muda
- 1 siung bawang putih, dicincang halus
- 20 gram bawang Bombay, cincang halus
- 2 sendok makan margarin

Jika semua bahan sudah siap, silahkan ikuti tahap pemasakan resep steak daging sapi berikut ini. Sebaiknya ikutilah setiap petunjuk yang ada dengan baik, misalkan dalam hal lama waktu penyimpanan supaya hasil yang didapat bisa maksimal dan sesuai harapan.
1. Mula-mula olah daging sapi sampai siap masak terlebih dahulu, caranya yakni dengan memberikan bumbu. Siapkan daging kemudian lumuri dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan  sebelumnya. Lumuri sambil ditekan-tekan pada daging.
2. Berikutnya, tambahkan kecap kental manis dan simpan dalam kulkas atau wadah tertutup selama satu malam. Dalam waktu yang lama inilah bumbu bisa meresap dengan baik ke dalam daging sehingga rasanya nanti semakin sedap.
3. Keesokan harinya panaskan minyak dalam wajan anti lengket,  masukkan daging berasa bumbu yang digunakan untuk membalutnya semalaman.
4. Goreng sambil dibolak-balik sampai daging berubah warna menjadi kecoklatan.
5. Tahap selanjutnya tambahkanlah panci ke masakan tadi dan tutup. Tunggu sampai air surut dan daging menjadi empuk.
6. Angkat daging, potong menjadi dua bagian secara horisontal lalu kembalikan lagi ke dalam tempat merebus tadi.
7. Masak sampai kuah mendidih dan mengental. Matikan kompor, angkat dan pindahkan dalam piring saji.

Resep steak daging pun selesai dibuat. Dalam penyajiannya silahkan olah sayuran pelengkapnya terlebih dahulu. Caranya pun sangat mudah yakni tumis bawang putih dan bawang Bombay terlebih dahulu menggunakan  mentega sampai keluar aroma harum, selanjutnya masukkan wortel, kacang polong, serta jagung manis muda ke dalamnya. Aduk-aduk selama beberapa menit sampai sayuran matang namun sebaiknya tak terlalu lembek sebab nilai gizi dan kesegarannya  bisa berkurang.
Segera letakkan sayuran pelengkap ini ke piring sajian steak daging dan sajikan selagi hangat. Semoga resep steak daging di atas bermanfaat untuk anda.
BERIKAN KOMENTAR ()